BERUGAQ

Berugak 1
Imam Safwan


Ya… akhirnya tenggelam aku dalam rimbamu
Mennyusuri gurat pertapaan leluhur
Yang tak dangkal.

Bukan!
Bukan sekedar duduk bersila ia
Bukan sekedar tangan menahan muka
Juga bukan sekadar sepi yang bicara
Tapi hati
hati yang hatihati.

Ya… aku membaca segala rimbamu
Yang ingin mengutara
Lewat apitsaka
Baton
Pasak
Daun ilalang yang menguning
Lewat tiangtiang penyangga
Cerminan iman enam perkara.

Ya… akhirnya aku mulai mengenal tangismu
Tentang para tetamu
Yang membawa berita kursi sofa
yang enggan melepas sepatu
dan enggan bicara masa lalu.

Ya…akhirnya aku menemukan
Sujudmu yang rimba.
Terngiang anakanak mengaji alquran
Amal-amalan jika hendak magrib tiba.

Ya…aku makin tenggelam
Dalam rimbamu yang menangis
Dan ingin mengutara.

Tanjung,rumah sawah 11 Februari 2011.

Berugak 2
Imam Safwan

Disinilah ya disinilah
Ayahku menemui ibuku
di tiap tiang mereka mengukir katakata.

disinilah ya disinilah
kakekku menunaikan kewajibannya
pada adat dan agama
hingga ibu mengenakan kain songket
kembang goyang
dan diputuskan benang basta.

disilah ya disinilah
semua keluarga dan tetangga tertawa
sedang aku menangis melihat dunia yang fana.

Disinilah ya disinilah
Surah yasin tak berhenti dibaca
Ketika kakekku tak lagi bersuara
Tak tagi bisa berbuat apa apa.

Disinilah ya disinilah
Semua bermula
Dan tiada.

Tanjung,rumah sawah 11 Februari 2011.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL MID SEMESTER GANJIL IPA KELAS V TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SOAL MID SEMESTER GANJIL SBdP KELAS V TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SOAL MID SEMESTER GANJIL PPKn KELAS V TAHUN PELAJARAN 2020/2021